Kamis, 01 Juni 2017

Bermain Game ? Dampak Positif/Negatif ?

Banyak orang-orang di luar sana yang sering bertanya-tanya, "Apa sih yang kamu dapet dari main game online ?", "Dampak apa yang kamu dapet kalo main game online ?". lucunyaaaa..... mereka nanya, tapi malah jawab sendiri... "Ayolaah, ga ada gunanya main game" 😐


Assalamu'alaikuuum... hiyaaa gaaeees 🙋
di artikel kali ini aku mau berbagi sedikit pengalaman aku tentang BERMAIN GAME ONLINE, karna berbagi itu indah, kayak senyumnya doi yang mempesonaahh *loooh

     Aku adalah player yang sekarang lagi aktif main game Ragnarok Online 2,  aku main game ini udah dari tahun 2013-sekarang. Tapiiiii sempet vakum karena sebelumnya game ini  migrasi server di tahun 2015, eh apa 2014 yaa ??? *lupa*.  ya karna dulu masih stupid , jadi bingung gimana cara nyari link download game ini yang udah migrasi server. Dan suatu harii *ceileeh* aku dapet info dari temen yang dulunya main game ini tentang link buat download ini game yang udah migrasi server. *gilaaak ini seneng banget cuy*

   Kita throwback ke tahun 2013........

Bicarain manfaat main game, dulu aku juga ga tau manfaatnya apa, tapiiii yang jelas aku suka main game online ini, karna aku dapet temen yang gokilz abiez. guys kalian bakal tau gimana rasanya klo udah nyoba sendiri mainin game online 😂 aku ngerasain kekeluargaan dan kekompakan yang mungkin bakal sulit di jelasin ke mereka-mereka yang udah punya mindset negatif tentang main game online.

karna aku salah satu orang yang susah banget dape izin buat malem mingguan keluar, karna jomblo juga sih, main game ini bikin aku ga ngerasa sendiri, kenaapaaa ??? ya karena di sana ada juga orang-orang yang bernasib sama kayak aku 😂 

Karna dulu aku masi SMK, dan lagi semangat-semangatnya nyari Universitas yang bagus, nah !!! aku dapet info dari temen-temen tentang seputar kampus mereka, ada yang dari UI, Gunadarma, Politeknik Surabaya dan lain lain. entah lagi bernasib baik, atau emang selalu bernasib baik, alhamdulillah aku dapet temen-temen yang baik-baik, mereka ngasi semangat buat aku yang lagi berjuan mati-matian *lebay* buat berusaha dapetin Universitas yang aku mau. mereka bantuin aku kalo lagi ada tugas (baca: bantuin ngasi saran, opini, dan referensi). dan itu bikin aku betah sekaligus nyaman bermain game ini. tapi lama kelamaan, karna kesibukan in real life kita jadi jarang main dan fokus buat kesibukan masing-masing sampai akhirnya game ini migrasi server daaan komunikasi terputus sama beberapa temen. ini sad moment banget T.T. (ini gambar terkahir sebelum akhirnya kita sibuk sama urusan masin-masing)


banyak orang yang berpendapat kalo orang-orang yang main game itu saling memberikan pengaruh buruk. Enggak !! salah besar !! apa yang mereka lihat itu berbeda dengan apa yang aku rasain.

cuma itu manfaatnya ? yaa karna waktu itu main game cuma buat seneng-seneng doang, ya kira kira begitulah. (masih ada sambungannya)

NEEEXXTTTTTT

Kira-kira udah 1 taun lebih ga main game ini lagi, terus dapet info tentang link game yang udah migrasi server dan itu bikiin seneng banget, karna awalnya mikir bisa ketemu sama temen-temen yang lain lagi. eh ga taunya mereka ga bisa main lagi, karna gamenya yg besar dan ga suport di laptop atau pc mereka, dan sebagian juga ada yang main game lain.

pertama kali maiin, asli canggung banget , karna ternyata yang main bukan Indo aja dan banyak juga dari negara-negara luar. Awalnya bosen karna ga dapet temen main dan ga bisa english *bisa sih tapi ngomong masih berantakan* waktu itu sempet bilang. "udah ah nyari game lain aja" eh ga taunya ada yg nge invite aku ke guild merekeGuild adalah sebuah kelompok yang didirikan oleh pemain, dan masih terdapat di dalam sebuah game online ). awalnya canggung, karna mereka make bahasa inggris yang bikin aku harus siapin google translete :')) . tapi ternyata didalam guild itu ada orang Indo jugaak dan mereka bantuin aku buat ngomong sama player yang ga bisa bahasa >,<
   
awalnya aku ngomong gini " Sorry guys, i can't speak with good english". dan mereka bilang " It's ok we will try to understand you, and try to comfortable with us". terus dalem hati ngomong, " eh gilak, ga di bully nih ? bikin adem banget jawabannya". nah mulai dari sana aku coba belajar buat ngomong english, dan mulai terbisa berinteraksi sama mereka, dan akhirnyaa aku bisa deket sama mereka, dan itu emang bener bener kaya keluarga sendiri. disana aku dapet Kakak, temen, sahabat, gebetan *ehem* dan merekaa da best banget  <3

Terus manfaat main game itu lagi apaa ?? beuuh banyak bet euy.

Aku jadi sedikit bertambah mahir nulis dan ngomong pake bahasa inggris. aku yang udah 4 kali ikut tes toefl di kampus ga pernah lulus, 3 bulan main game ini langsung lulus !!! #boom

Nggak itu ajaa, karena mereka berasal dari kebanyakan negara Asia, mereka juga ngajarin aku bahasa dari negara mereka masing-masing. Lebih tepatnya kita saling bertukar bahasa. Aku bisa belajar bahasa Jepang dan Philipin GRATISSS!!! contohnya : bahasa philipin putang ina magandang gabi artinya selamat malam. (FYI ternyata bahasa philiphin itu hampir sama kayak bahasa indo loh ).

Lagii, mereka sangat-sangat mendukung dalam pendidikan aku. mereka punya prinsip "Jangan karna game pendidikan terganggu". daan itu bikin semangat belajar aku tumbuh walaupun sedikit. tiap aku cerita kalo aku ada tugas kampus atau besok ujian, mereka kompakan nyuruh aku buat berenti main dan fokus belajar. kalo aku ga nurut, yaaa mereka marah, dan kompakan buat ga ngajakin aku ngomong kaya biasanya, raid party atau semacamnya. dan itu emang bikin aku harus belajar. tapi mereka ga ninggalin aku gitu aja, pas udah off mereka ngechat di grup dan ngasih aku semangat buat belajar dan ngerjain tugas. yap ini salah satu alasan kenapa aku masih mau belajar :'))) mereka juga ngehibur aku dengan humor receh mereka kalo aku bilang Capek dan Bosen *love them* nah ini secuil dari sekian banyaknya chat dari mereka 😂
 
























Next, mereka juga bantuin aku kalo lagi ada tugas, ngasih saran, opini, dan referensi yang memudahkan aku buat ngerjain tugas. Care mereka, kepedulian mereka, bullyan mereka bikin aku sangat sangat betah dan ngerasa terhibur . Apa yang aku dapet dari mereka ga pernah aku dapetin di real life. Saling nyemangatin, saling suport dan saling bully.

Mereka main game online ini bukan karna mereka ga punya kerjaan , mereka juga sibuk dengan urusan real life mereka . ada yang kerja, kuliah, sekolah, bahkan yang udah nikah juga ada. tapi mereka maish bisa membagi waktu antara bermain game dengan urusan pribadi mereka.

naaah itu dia alasan kenapa aku betah banget main game ini. 

Soooo, aku menganggap main game online ini sesuatu yang dapat memberikan dampak positif buat aku. sebenernya tergantung pribadi masing-masing, bagaimana mereka mengatur kegiatan mereka, dan bagaimana mereka memandang peluang dari bermain game ini.

artikelnya sampe di sini dulu yaa, besok kita sambung lagiii

assalamu'alaikuum 💖💖